PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA STKIP PARIS BARANTAI

  • Agus Syarifuddin Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Paris Barantai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika pada Mahasiswa Semester IV STKIP Paris Barantai. Metode yang digunakan adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Matematika STKIP Paris Barantai, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016 sampai 2018 yang berjumlah 119 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket respon mahasiswa dan data dari nilai ujian akhir semester. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Dari hasil analisis pergaulan teman sebaya berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika Mahasiswa Program Studi Matematika STKIP Paris Barantai.


Kata Kunci: Pergaulan Teman Sebaya, Prestasi belajar matematika.

Published
2019-09-30
How to Cite
SYARIFUDDIN, Agus. PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA STKIP PARIS BARANTAI. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 284-292, sep. 2019. ISSN 2550-0287. Available at: <http://ejurnal.stkip-ktb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/144>. Date accessed: 20 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.33659/cip.v7i2.144.